Articles

UN

Bedah SKL UN 2014 …

skl

1.

 

Mendeskripsikan hakikat, objek,

ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek

dan pendekatan geografi.

 

Menentukan penggunaan prinsip, konsep dasar,

aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji

fenomena geosfer.

 

2.

 

Menganalisis sejarah pembentukan

Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.

 

Mendeskripsikan proses pembentukan Bumi,

Tatasurya, dan Jagadraya.

 

Mengidentifikasi planet Tatasurya dan Jagadraya.

 

3.

 

Menganalisis dinamika unsur-unsur

geosfer serta kaitannya dengan

kehidupan manusia.

 

Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan

pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.

 

Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan

hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.

 

Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna

sebagai potensi pendukung kehidupan.

 

Mendeskripsikan fenomena kependudukan.

 

4.

 

Mendeskripsikan sumber daya alam

serta kaitannya dengan kehidupan

manusia.

 

Mengidentifikasi sumber daya alam yang

berhubungan dengan aspek geografi.

 

Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam

secara arif.

 

 

 

5.

 

Mendeskripsikan pemanfaatan dan

pelestarian lingkungan hidup.

 

Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian

lingkungan hidup.

 

Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan

pembangunan berkelanjutan.

 

6.

 

Menerapkan keterampilan dasar

peta/pemetaan dalam memahami

fenomena geosfer.

 

Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada

pembuatan peta.

 

Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan

lokasi kegiatan ekonomi penduduk.

 

7.

 

Mendeskripsikan pemanfaatan citra

penginderaan jauh dan Sistem

Informasi Geografis sebagai media

informasi fenomena geosfer.

 

Menginterpretasi citra hasil penginderaan jauh dan

pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer.

 

Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografis sebagai

media informasi fenomena geosfer.

 

8.

 

Mendeskripsikan wilayah dan

pewilayahan di dunia.

 

Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-

desa, desa-kota, dan kota-kota.

 

Mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan

dalam kaitan dengan pembangunan.

 

Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang

dan negara maju.

7 Responses to “UN”

  1. tes

  2. SKL 8 Mendeskripsikan wilayah dan pewilayahan di dunia.
    Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan negara maju.
    INDIKATOR SOAL
    Disajikan beberapa pernyataan tentang karakteristik negara maju dan berkembang, siswa dapat mengidentifikasi karakteristik negara berkembang.
    SOAL
    Pernyataan :
    1) tingkat kelahiran tinggi
    2) tingkat harapan hidup tinggi
    3) tingkat pendidikan tinggi
    4) tingkat kesehatan tinggi
    5) tingkat beban hidup tinggi
    Karakteristik negara berkembang adalah…
    A. 1) dan 2)
    B. 1) dan 3)
    C. 1) dan 5)
    D. 2) dan 4)
    E. 3) dan 5)

  3. SKL 7 Mendeskripsikan pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
    INDIKATOR SOAL
    Disajikan langkah-langkah interpretasi data penginderaan jauh, siswa dapat mengurutkan langkah-langkah interpretasi yang benar
    SOAL
    Pernyataan:
    1) Analisis
    2) Deteksi
    3) Identifikasi
    4) Deduksi
    Tahapan yang benar untuk mendapatkan data penginderaan jauh adalah….
    A. 1), 2), 3), dan 4)
    B. 2), 3), 4), dan 1)
    C. 3), 2), 1), dan 4)
    D. 3), 4), 2), dan 1)
    E. 4), 3), 2), dan 1)

  4. SKL 2 : Menganalisis sejarah pembentukan Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.
    Mengidentifikasi planet Tatasurya dan Jagadraya.
    INDIKATOR SOAL:
    Disajikan ciri-ciri planet, siswa dapat mengidentifikasi planet
    SOAL :
    Ciri-ciri planet:
    1) rotasinya lambat, yaitu 59 hari
    2) amplitudo suhu sangat tinggi (siang mencapai 43 derajat C, malam -170 derajat C.)
    3) merupakan planet terkecil
    Merupakan ciri planet….
    A. Merkurius
    B. Venus
    C. Mars
    D. Neptunus
    E. Uranus

  5. RALAT :
    SKL 7 Mendeskripsikan pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
    INDIKATOR SOAL
    Disajikan langkah-langkah interpretasi data penginderaan jauh, siswa dapat mengurutkan langkah-langkah interpretasi yang benar
    SOAL
    Pernyataan:
    1) Analisis
    2) Deteksi
    3) Identifikasi
    4) Deduksi
    Tahapan yang benar untuk mendapatkan data penginderaan jauh adalah….
    A. 1), 2), 3), dan 4)
    B. 2), 3), 1), dan 4)
    C. 3), 2), 1), dan 4)
    D. 3), 4), 2), dan 1)
    E. 4), 3), 2), dan 1)

  6. SKL 5 : Mendeskripsikan pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.
    Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.
    Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan.
    INDIKATOR SOAL :
    Disajikan pernyataan tentang tujuan AMDAL, siswa dapat menentukan tujuan AMDAL dengan benar
    SOAL :
    Pernyataan :
    1) perencanaan pembangunan wilayah
    2) membantu proses pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup dari rencana kegiatan atau usaha
    3) memberi masukan untuk penyusunan disain terpeinci mengenai teknik dari rencana kegiatan atau usaha
    4) melakukan recycling (pengolahan kembali) limbah industri sebelum dibuang
    5) membantu mewujudkan manusia Indonesia sebagai pembina lingkungan hidup
    Tujuan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) adalah….
    A. 1), 2), dan 3)
    B. 1), 2), dan 4)
    C. 2), 3), dan 4)
    D. 2), 3), dan 5)
    E. 3), 4), dan 5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: